Home » , » Menentukan Tema Blog

Menentukan Tema Blog

Menentukan tema blog

Dalam bahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara menentukan tema blog. Memilih tema yang tepat untuk blog adalah hal yang paling sering diabaikan oleh para bloger pemula. Padahal memilih tema blog yang tepat sangat penting, dimana langkah ini yang menentukan nasib blog anda kedepannya. Banyak blogger yang berharap trafik yang melimpah akan tetapi blog mereka berisi informasi yang jarang dicari orang. Kesalahan memilih tema juga bisa berakibat blog anda kandas ditengah jalan karena kehabisan ide posting. Hal – hal tersebut tidak perlu terjadi apabila sejak awal anda memahami konsep pemilihan tema yang tepat ini. Jangan sampai anda tidak mengetahui apa yang anda mulai. Itulah mengapa saya memposisikan pemilihan tema yang tepat sabagai langkah awal yang tidak boleh dianggap sepele.

memilih tema yang tepat untuk blog
Untuk memilih tema apa yang tepat untuk blog anda, terlebih dahulu anda harus memahami beberapa aspek dibawah ini:

  • ·         Konten
  • ·         Niche
  • ·         Kompetisi

Memilih konten blog anda.

Konten disini adalah isi dari blog yaitu artikel. Permasalahan blogger pemula biasanya (tidak selalu) akan mengalami kesulitan saat membuat artikel pada blognya. Yang pada akhirnya blogger yang malas akan berujung pada solusi copy konten atau artikel milik orang lain. Dalah hal ini penting anda ketahui bahwa duplicate content atau artikel copy paste memiliki dampak negatif pada blog anda. Jika anda memilih untuk mengisi blog anda dengan artikel copy paste, sebaiknya pikirkan lagi matang matang.
Dampak negatif yang pertama adalah google akan menganggap blog anda sebagai duplicate content. Duplicate content ini tidak disukai google. Perkembangan saat ini bahkan google selalu memperbaharui algoritmanya dalam menangani duplicate content ini terbukti dari google panda yang terus dikembangkan.
Dampak negatif yang kedua adalah blogger  yang artikelnya anda copy pastinya tidak akan senang. Resikonya adalah jika blog anda sampai dilaporkan ke DMCA maka blog anda akan dibanned dari hasil pencarian google.

Memilih blog niche atau blog campur aduk ?

Niche dalam bahasa sederhana adalah topik blog. Jika anda mengamati blog – blog yang ada di internet maka anda akan mendapati blog yang hanya berfokus pada satu topik saja misalkan hanya membahas tentang keajaiban dunia atau blog yang berisi artikel dengan topik yang campur aduk. Istilah niche sendiri digunakan oleh para blogger karena berhubungan dengan segmentasi pasar. Jadi nihe ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar blog anda.

Tentunya apabila anda melakukan kesalahan pemilihan niche maka yang bisa terjadi adalah pasar blog anda terlalu sempit atau terlalu luas sehinga menuai persaingan yang terlalu berat. Jika kemampuan anda sebanding dengan persaingan sih tidak menjadi masalah, malahan itu akan menghasilkan trafik yang jauh lebih besar dari pada niche yang sempit dengan persaingan ringan.

Intinya adalah anda harus melihat kemampuan anda ketika memilih niche blog. Karena niche berhubungan dengan persaingan. Banyak blogger yang memilih niche dengan persaingan berat dengan harapan bisa mendapat trafik yang melimpah namun ternyata kemampuan optimasinya hanya mampu sampai di halaman 3 atau 4 pencarian google. Bukan trafik melimpah yang didapat malahan frustasi yang anda peroleh. Tidak ada salahnya mendapat trafik sedikit daripada tidak sama sekali.

Sedangkan blog berisi konten campur aduk memiiki kesulitan yang lebih lagi dalam hal optimasi. Mesin pencari seperti google akan lebih sulit menentukan tema blog anda dan relevansi blog anda juga akan kurang. Solusi bagi blog seperti ini adalah memberikan label untuk setiap posting dengan tema sama agar bisa lebih mudah dikenali google dan melakukan optimasi offpage pada masing masing artikel jika ingin hasil yang maksimal.

Saya pribadi lebih menyarankan blog niche daripada blog campur aduk. Akan tetapi blog niche ataupun blog campur aduk sebaiknya sejak awal sudah memiliki perencanaan. Jika blog anda adalah  blog niche maka tentukanlah sejak awal kata kunci utama dan pendukung blog anda caranya adalah dengan riset kata kunci untuk mengetahui potensi trafik blog anda. Baca di cara riset kata kunci / research keyword.

Jika blog anda adalah blog campur aduk maka sejak awal tentukan sub – sub pembahasan yang akan anda jadikan label. Misalnya jika anda akan sebuah membuat blog berita, maka anda bisa memakai sub-sub politik, hukum, fenomena, ekonomi, teknologi, sosial budaya, dunia, dan lain sebagainya sebagai label dari blog anda.

Kompetisi

Satu hal lagi yang tidak boleh anda lewatkan adalah melihat atau mengintip pesaing anda. Maksudnya adalah anda harus tau kompetitor yang akan anda hadapi dalam memperebutkan halaman pertama google. Setelah anda melakukan researchkeyword maka anda juga harus mempertimbangkan pesaing anda. Sesuaikan dengan kemampuan optimasi anda.

Caranya dengan menggunakan keyword yang akan anda pakai sebagai penganalisa. Masukan keyword anda di pencarian google. Setelah itu amati hasil pencarian teratas. Itulah saingan anda. Setelah itu anda perlu cek optimasi yang dia lakukan untuk bisa sampai di halaman pertama keyword tersebut misalnya jumlah backlink dan anchor teks yang dia gunakan ( untuk tujuan ini anda bisa memanfaatkan tool gratis di ahrefs.com ). Jika anda merasa anda bisa melakukan lebih baik dari dia maka kerjakan tetapi jika anda merasa terlalu berat maka pikirkan lagi.

Sampai disini coba anda review lagi tema blog seperti apa yang ingin anda buat. Untuk lebih mudahnya coba jawab pertanyaan dibawah ini:

1 .  Blog original atau copy paste ?
2 .  Blog niche atau campur aduk ?
3 .  Persaingan tinggi atau rendah ?

Jika anda adalah pemula, saran saya adalah pilih blog original dengan niche kompetisi rendah. Alasannya adalah sesulit apapun anda dalam membuat atikel atau konten, ketrampilan ini tetap harus anda miliki. Jika blog anda copy paste danpaknya sangat buruk di era google panda ini dan anda juga tidak memperoleh keterampilan membuat artikel. Keterampilan butuh latihan. Jika terus dilatih pasti akan semakin baik dan semakin baik lagi. Blog niche dengan kompetisi rendah adalah cara bijak untuk belajar optimasi dan memahami prinsip dasar dari optimasi. Teknik optimasi dasar ini juga dapat bisa anda kembangkan sendiri nanti jika sudah benar benar memahami dasarnya.

Apabila anda masih bingung dalam memilih tema blog yang tepat untuk blog anda, silahkan tanyakan di kolom komentar. Saya yakin kemampuan saya sendiri juga masih jauh dari sempurna. Menentukan tema blog yang tepat akan menentukan nasib blog anda kedepannya. Semoga bermanfaat.

5 komentar: